Kamis, 17 April 2014

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Salah Pilih

Meskipun saat ini banyak beredar mobil LCGC atau Low Cast Green Car yang dibanderol dibawah 100 juta, namun peminat mobil bekas ternyata masih tinggi. Alasan utamanya karena dengan harga yang sama didapatkan spesifikasi yang lebih tinggi meskipun dalam kondisi bekas. Memilih mobil bekas bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bisa saja jika dilihat dari tampilan luarnya terlihat mulus namun ternyata setelah dipakai terdapat beberapa kerusakan. Bukanya dapat harga murah, tapi justru harus mengeluarkan kocek yang banyak untuk perbaikan mobil tersebut. Oleh karena kejelian sangat dituntut dalam membeli sebuah mobil bekas. 
Tips Membeli Mobil Bekas
ilustrasi Membeli Mobil Bekas

Untuk membeli mobil bekas sekarang ini bisa dikatakan sangat mudah. Hal ini dikarenakan informasi yang sangat mudah didapatkan seperti melalui jejaring social atau situs jual beli online selain datang langsung ke delaer mobil bekas. Karena anda ingin membeli mobil bekas yang notabene telah digunakan orang lain sebelumnya maka hal yang harus anda ketahui adalah segala informasi terkait dengan mobil tersebut. Berbeda jika membeli mobil baru yang kondisinya sudah di jamin oleh setiap pabrik pembuatnya. Nah untuk itu disini saya akan sedikit memberikan tips untuk anda yang akan membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Mencari tahu harga mobil yang akan anda beli

Agar tidak tertipu oleh si penjual maka hal ini wajib anda lakukan ketika akan membeli mobil bekas. Penjual bisa saja menjual mobilnya dengan harga semau dia. Jika anda tidak tau harga dipasaran, maka anda bisa-bisa ditipu habis-habisan. Untuk mencari informasi harga mobil yang akan anda beli anda bisa mengeceknya di situs jual beli, bertanya pada teman, membaca iklan yang ada di Koran dan lainya.

2. Bersabar

Untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang relative murah kuncinya adalah bersabar. Carilah sebanyak-banyaknya informasi tentang mobil bekas yang ingin anda beli. Setelah mendapatkan informasi yang cukup barulah anda bandingkan baik dari sisi harga maupun kondisinya.

3. Jangan percaya langsung dengan si penjual

Jika anda membeli dari seorang makelar sebaiknya jangan langsung percaya dengan apa yang ia ucapkan. Terkadang si penjual hanya membecirakan tentang sisi positifnya atau kelebihanya tanpa mengutarakan hal negative tentang mobil tersebut. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan beberapa penjual juga jujur tentang kondisi mobil bekas yang ia jual. Intinya anda harus mengecek sendiri secara langsung. Jika anda tidak tau tentang mobil sebaiknya mengajak teman yang sudah ahli atau yang berpengalaman dibidang tersebut.

4. Periksa kondisi body mobil tersebut

Periksalah mulai dari warna cat, perhatikan apakah ada cat yang belang (ada satu bagian yang warnanya atau kecerahanya berbeda). Jika didapatkan kondisi demikian kemungkinan mobil tersebut pernah dicat ulang akibat bersenggolan atau tabrakan dengan kendaraan lain. Rasakan juga dengan sentuhan jari apakah ada bagian yang bergelombang atau tidak.

5. Periksa Kondisi Mesin

Bukalah kap mesin dan periksalah secara visual apakah ada kebocoran baik dari oli pelumas maupun cairan pendingin. 

6. Lakukan Test Drive

Ketika anda ingin membeli mobil bekas usahakanlah untuk bisa melakukan test drive. Lakukanlah dengan jalan yang bervariasi dan rasakan. Dengan test drive ini setidaknya bisa mendeteksi jika terdapat kerusakan.

7. Periksa kelengkapan dokumen

Mintalah kepada penjual untuk menunjukan dokumen mobil tersebut mulai dari BPKB, STNK, faktur pembelian dan dokumen lainya.

Setidaknya ada 7 hal yang bisa anda lakukan ketika akan membeli mobil bekas. Dengan melakukan tips-tips diatas semoga anda bisa membeli mobil bekas sesuai dengan keinginan anda. Nah setelah membeli mobil bekas, ada baiknya anda juga memperhatikan hal-hal yang dilakukan setelah membeli mobil bekas.

Minggu, 13 April 2014

Inilah Cara Menyetel Klep Satria F 150

Klep atau katup dalam sebuah mesin pembakaran dalam berfungsi sebagai pengatur masuknya campuran bahan bakar dan keluarnya gas hasil pembakaran. Celah antara katup dengan dan pematuk perlu disesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Biasanya pada sepeda motor celah katupnya adalah 0,05 mm hingga 0,15 mm. Untuk mengukurnya dibutuhkan alat yang bernama feeler gauge. Lalu apa akibatnya jika celah tersebut terlalu besar atau terlalu kecil? Secara logika jika misalnya celah katup masuk terlalu besar maka akan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menekan katup sehingga katup terlambat membuka akibatnya jumlah campuran bahan bakar yang masuk kurang dari seharusnya. Dan kasus ini bisa ditengarai dengan suara gemercik dari bagian atas mesin (kepala silinder). Sedangkan sebaliknya jika katup masuk terlalu sempit maka pada saat proses pembuangan gas buang bisa masuk ke intake manifold dan bisa ditengarai dengan warna hitam pada intake manifoldnya. Intinya jika celah katup tidak tepat berdampak pada performa mesin yang dihasilkan.
Cara Menyetel Klep Satria F 150
shim penyetel Klep Satria F 150 

Sebagian besar konstruksi katup pada sepeda motor menggunakan rocker arm sehingga penyetelanya dengan mengendurkan baut dan menyetel celah pada rocker arm tersebut. Namun ada juga yang menggunakan shim untuk melakukan penyetelah celah katup salah satunya pada Satria F 150. Nah shim tersebut mempunyai ketebalan yang berbeda-beda tinggal disesuaikan pada kebutuhan. Misalnya jika digunakan untuk perjalanan jauh seperti touring mungkin lebih baik menggunakan celah yang lebih renggang karena tarikanya akan lebih enteng. Untuk menentukan ukuran shim yang akan digunakan bisa melihat pada table berikut ini:
Cara Menyetel Klep Satria F 150

Cara menyetel Celah Katup Satria FU

  1. Lepaskan tutup kepala silinder dengan melepas baut berjumlah 4
  2. Posisikan piston pada TMA (titik mati atas) dan dalam kondisi kompresi yang ditengarai dengan kedua katup dalam kondisi bebas. Pastikan juga lubang blok magnet tepat pada tanda T.
  3. Siapkan feeler gauge dan ukur celahnya dengan menyisipkanya dibawah noken as.
    Cara Menyetel Klep Satria F 150
    Mengukur Celah Klep Satria F 150 
  4. Pada celah katup Satria F 150 standar adalah 0,1-0,2 mm untuk katup in dan 0,2-0,3 untuk katup ex (mesin dalam keadaan dingin)
  5. Jika didapatkan celah yang tidak sesuai lepaskan rumah shim dan noken asnya. Perhatikan angka yang tertera pada shim kemudian gantilah dengan yang sesuai.
  6. Sebagai contoh misalnya celah terukur 0,05 sedangkan standarnya adalah 0,1 dan shim yang digunakan berukuran 1.80, maka agar celah menjadi 0,1 shim diganti dengan ukuran 1.75.
Cukup mudah bukan menyetel klep Satria FU? Konstruksi katup seperti pada Satria F 150 ini memang lebih mudah dalam penyetelahnya selain itu celah lebih tahan terhadap perubahan . 

Senin, 07 April 2014

Penyebab Dan Cara Mencegah Mesin Overheating (Terlalu Panas)

Panas yang berlebihan pada sebuah mesin atau yang disebut dengan overheating merupakan sebuah fenomena yang kerap terjadi pada sebuah kendaraan dengan mesin pembakaran dalam. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurang optimalnya sistem pendinginan.  Pada kendaraan baik itu beroda dua maupun roda empat memiliki dua jenis sistem pendinginan yaitu sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan cairan. Sistem pendinginan berfungsi untuk menjaga mesin agar berada pada suhu kerja mesin yakni sekitar 90 derajat celcius. Jika terdapat gangguan pada sistem pendingan ini tentu mengakibatkan panas yang dihasilkan dari proses pembakaran tidak diserap secara optimal, imbasnya mesin mengalami overheating.
Cara Mencegah Mesin Terlalu Panas (Over Heating)
 Mesin Terlalu Panas (Over Heating)

Mesin yang terlalu panas atau overheating memiliki dampak yang signifikan. Telah kita ketahui bersama bahwa sebuah logam akan memuai jika dipanaskan. Hal ini tentu juga berlaku pada sebuah mesin yang komponen-komponenya berbahan dasar logam. Beberapa kejadian yang ditimbulkan akibat over heating diantaranya kepala silinder bengkok, kompresi bocor, air pendingin masuk ke ruang bakar, dan lainya. Pada sebuah mobil, idealnya sudah diberi indikator yang menunjukan mesin bekerja pada suhu yang normal atau sudah mengalami over heating. Jika mesin mengalami over heating yang biasanya ditunjukan dengan jarum pada indikator tersebut berada pada warna merah, maka segeralah membawa kendaraan anda ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan yang ditimbulkan akibat over heating. Nah dibawah ini adalah beberapa penyebab dan cara mencegahnya agar kendaraan anda terhindar dari overheating.

1. Bersihkan Sirip-Sirip Pendingin Mesin
Sepeda motor sebagian besar menggunakan sistem pendingin udara. Cirinya adalah adanya sirip-sirip pendingin pada mesinnya. Sirip-sirip pendingin tersebut berfungsi untuk memperluas permukaan sehingga proses penyaluran panas ke udara bisa berjalan secara optimal. Nah jika sirip sirip pendingin tersebut kotor tentu anda sudah mengetahui dampaknya. Untuk itu bersihkanlah sirip-sirip pendingin ini dari kotoran.

2. Mengecek Kebocoran pada Sistem Pendingin
Idealnya untuk mengecek kebocoran ini menggunakan sebuah alat yang bernama radiator tester. Namun jika anda tidak memilikinya anda bisa mengeceknya secara visual. 

3. Cek Kondisi Radiator
Radiator berfungsi untuk mendinginkan air pendingin yang telah bersirkulasi di dalam mesin. Untuk itu lakukanlah pengecekan pada radiator ini mulai dari kebocoran, kondisi sirip-sirip pendingin dan pastikan kipas radiator berfungsi dengan baik.

4. Cek kondisi Tutup Radiator
Jangan meremehkan komponen yang satu ini. Meskipun terkesan sepele dan bentuknya yang kecil namun peranya didalam sistem pendingin cukup vital. Didalam tutup radiator ini memiliki dua katup yakni katup relief dan katup vakum. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda yaitu pada saat mesin panas dan mesin dingin. Saat mesin panas katup relief berfungsi menyalurkan air pendingin yang memuai akibat panas ke tabung reservoir, dan begitu sebaliknya dengan katup vakum. Jika terjadi kerusakan pada katup ini bisa saja menyebabkan jebolnya sistem pendinginan akibat tekanan yang begitu tinggi.

5. Gunakan Water Coolant
Untuk menjaga agar proses pendinginan berjalan dengan baik, jangan mengganti air pendingin dengan air mineral. Gunakanlah water coolant yang banyak dijual dipasaran. Serta pastikan penggantianya secara berkala.

6. Cek Kondisi Oli Pelumas
Meskipun peranya tidak begitu vital dalam sistem pendinginan, namun sebaiknya ceklah kondisinya mulai dari warna, kekentalan dan penggantian secara teratur. Pastikan juga distribusi oli didalam mesin berjalan dengan baik.

Nah setidaknya keenam hal tersebutlah yang bisa anda lakukan untuk mencegah mesin mengalami overheating. Terakhir, lebih baik mencegah dari pada harus mengeluarkan jutaan rupiah untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan akibat over heating atau panas yang berlebihan.

Kamis, 03 April 2014

Asap Keluar Dari Knalpot, Berbahayakah?

Mungkin diantara anda pernah menjumpai mobil anda mengeluarkan asap tebal dari knalpot. Munculnya asap ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jika asap tersebut muncul di pagi hari ketika baru menghidupkan mesin dan beberapa saat kemudian asap hilang, maka kondisi ini masih normal-normal saja. Namun jika asap keluar secara terus menerus maka bisa diindikasikan terjadi kerusakan pada komponen mesin. Secara umum keluarnya asap tersebut disebabkan oleh oli yang terbakar dan campuran bahan bakar yang tidak tepat. Jadi andapun sebenarnya bisa mengidentifikasi kerusakan pada mesin melalui asap yang keluar dari knalpot.
Asap Keluar Dari Knalpot, Berbahayakah?
Asap Putih Keluar Dari Knalpot Mobil

Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

1. Asap Keluar Saat Pagi Hari

Pada waktu malam hari, maka suhu di knalpot juga menjadi rendah. Akibatnya uap-uap air yang ada di knalpot mengembun menjadi air. Ketika mobil dinyalakan maka suhu di knalpot juga naik. Air di knalpot dan kemudian bertemu dengan panas dari hasil pembakaran inilah yang menyebabkan keluarnya asap. Setelah lima menit biasanya akan hilang dengan sendirinya. Jadi jika anda menemukan hal demikian tak perlu risau karena hal ini normal terjadi.

2. Asap Berwarna Hitam

Keluarnya asap yang berwarna hitam dari knalpot disebabkan oleh campuran bahan bakar yang terlalu kaya atau kadar bahan bakar lebih banyak dari yang seharusnya. Cara mengatasinya tinggal menyetel ulang campuran bahan bakar melalui baut penyetel yang ada di karburator.

3. Asap Berwarna Putih

Nah inilah sebenarnya yang berbahaya. Jika asap putih keluar dari knalpot maka disebabkan oleh terbakarnya oli pelumas. Terbakarnya oli ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama ring piston yang sudah rusak. Karena ring piston sudah rusak, maka oli akan masuk ke ruang bakar sehingga akan ikut terbakar bersama campuran udara dan bahan bakar. Kedua, Dinding Silinder yang sudah aus. Hampir sama kasusnya dengan yang pertama, jika dinding silinder sudah aus makan oli pelumas akan mudah masuk ke ruang bakar. Ketiga disebebkan oleh slip klep yang bocor. Jika slip klep bocor, maka oli yang berada di kepala silinder akan masuk ke ruang bakar. 

Kini anda sudah tau bukan, penyebab keluarnya asap di knalpot. Jika mengalamai masalah yang pertama dan kedua anda tak perlu khawatir. Namun jika mengalami masalah yang ketiga sebaiknya anda segera membawa kendaraan anda ke bengkel terdekat. Karena jika dibiarkan begitu saja maka akibatnya bisa merusak komponen-komponen lainya.

Sabtu, 22 Maret 2014

Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya

Cara Membersihkan Jok Mobil- Jika kendaraan anda masih tergolong baru, mungkin tidak terlalu masalah. Namun jika sudah 1 atau 2 tahun terkadang pada jok mobil tertinggal kotoran entah itu dari tinta, tumpahan minuman, atau dari sisa-sisa makanan. Tentu hal ini mengurangi sisi estetika dari interior mobil. Untuk itu kotoran-kotoran tersebut perlu dibersikan. Namun kendalanya beberapa kotoran sulit dibersihkan, untuk itu perlu dilakukan trik-trik khusus dalam membersihkan jok mobil.
Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya
membersihkan debu pada jok mobil dengan vacuum cleaner

Bahan yang digunakan untuk jok mobil sendiri bermacam-macam yaitu fabric atau kain, sintetis, kulit dan beludru. Oleh karena itu penangananyapun berbeda tergantung bahan yang digunakan. Nah sebelum melakukan proses pembersihan sedot dulu debu-debu yang menempel dengan vacuum ceaner hingga bersih. Jika sudah lakukan pembersihan sesuai bahan yang digunakan, sebagai berikut.

Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahan Yang Digunakan

1. Bahan Sintetis dan Kulit
Bahan jenis ini sebenarnya sangat mudah untuk dibersihkan. Apalagi produsen jok seperti MBtech sudah menyediakan pembersihnya sendiri yang diberi nama MBtech Cleaner. Harganyapun cukup terjangkau yaitu hanya 70 ribu rupiah saja. Pertama-tama semprotkan pembersih tersebut ke seluruh bagian jok. Tunggu hingga 1 menit baru kemudian dilap menggunakan kain kering. Jika noda terlalu membandel tunggulah hingga 15 menit agar pembersih bekerja secara optimal. Jika perlu gunakan sikat untuk membersihkanya.
2. Bahan Fabric
Jika noda tak terlalu membandel, masih bisa dibersihkan dengan menggunakan bahan berbentuk foam. Namun jika sudah membandel, sangat susah untuk dibersihkan. Anda harus melepas bahan tersebut dan kemudian direndam dalam air sabun. Lakukan hal tersebut layaknya mencuci baju. Bahkan terkadang tidak begitu maksimal.
3. Bahan Beludru
Untuk membersihkan jok mobil berbahan beludru sebaiknya jok dilepas dulu dari mobil. Kemudian semprotkanlah cairan pembersih ke bagian yang akan dibersihkan. Dengan menggunakan sikat, sikatlah bagian yang disemprotkan tadi secara searah. Jika sudah bersihkan dengan lap kering dan kemudian dikemur
Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya
Cara Membersihkan Jok Mobil

Setelah mengetahui cara membersihkan jok mobil sesuai yang tertera diatas, semoga anda bisa menerapkanya sesuai dengan bahan yang digunakan pada jok mobil anda. Untuk jenis fabric dan beludru memang tergolong sulit, oleh karena itu rajinlah melakukan perawatan. 

Rabu, 19 Maret 2014

Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil

Koil pada motor ataupun mobil berfungsi untuk meningkatkan tegangan menjadi 10 ribu volt. Tegangan ini nantinya akan digunakan untuk memercikan bunga api pada busi. Indikasi rusaknya koil pengapian adalah mesin yang mati karena tidak ada pengapian ataupun kendaraan terasa tersendat-sendat. Pada kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memeriksa kerusakan pada koil pada kendaraan.
Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil
Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian

Cara mengecek kerusakan koil motor dan mobil dilakukan dengan cara yang sama. Yang pertama dilakukan adalah periksa dulu apakah busi memercikan bunga api atau tidak, dan pastikan juga komponen-komponen lain pada sistem pengapian seperti CDI bekerja dengan baik. Jika busi tidak memercikan bunga api dan komponen sistem pengapian lainya tidak bermasalah, maka kerusakan bisa terjadi pada Koil pengapian. Untuk itu lakukan pengecekan sebagai berikut.

Koil pengapian pada mobil sebenarnya didalamnya terdapat dua kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Keduanya saling berhubungan untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dihasilkan dari proses induksi listrik. Untuk itu periksa tahanan pada kedua kumparan tersebut dengan menggunakan multimeter. Putar selektor pada posisi 1x ohm. Kalibrasi multimeter tersebut dengan cara menghubungkan probe + dan probe - dan setlah jarum pada angka 0. Periksa tahanan kumparan primer koil dengan cara menghubungkan probe (-) multimeter ke terminal (-) koil dan probe (+) multimeter ke terminal (+) koil. Kemudian periksa tahana kumparan sekunder dengan cara menghubungkan probe (+) multimeter ke terminal (+) dan probe (-) multimeter ke terminal tegangan tinggi. Spesifikasi tahanan primer koil pengapian adalah 1,3 hingga 1,6 ohm dan tahanan sekunder koil pengapian adalah 10,,7 hingga 14, 5 K ohm. Bandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi, jika tidak sesuai maka koil pengapian perlu diganti. Untuk lebih jelasnya lihat gambar cara cek pengapian dibawah ini.
Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian
Cara Cek tahanan Koil Pengapian

Gimana cukup mudah bukan untuk mengecek kerusakan pada koil pengapian ? Jika koil kendaraan anda rusak, maka anda bisa menggantinya dengan yang baru yang banyak dijual dipasaran. Harga koil pengapian ini bermacam-macam ada yang ratusan ribu ada juga yang jutaan tergantung merk dan kualitasnya.

Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin

Bau tak sedap di dalam kabin memang membuat tidak nyaman. Bau tersebut biasanya ditimbulkan dari sisa-sisa makanan atau minuman yang tumpah di dalam kabin. Selain itu merokok di dalam kabin juga menimbulkan bau apek. Untuk menghilangkan bau tersebut sebenarnya ada cara yang sangat simple. Anda bisa melakukanya kapanpun.
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin

Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Kabin Mobil

Jika ingin secara tuntas menghilangkan bau tersebut keluarkan dulu jok dari dalam kabin. Bersihkan semua kotoran yang ada di jok. Anda bisa menggunkan alat bantu seperti sikat atau vacuum cleaner. Setelah dirasa bersih, taburkan bedak secara merata pada seluruh bagian. Kemudian jemur di bawah panas matahari selama 2 jam. Setelah itu bersihkan kembali bedak yang menempel pada jok dengan vacuum cleaner. Namun jika anda tidak mau repot-repot melepas jok, anda cukup membuka pintu mobil saja.

Dengan cara yang sama hilangkan bau apek pada karpet.Namun sebelum menaburkan bedak, kibaskan dulu karpet agar semua kotoran hilang. Jika karpet terbuat dari bahan karet, akan lebih mudah anda tinggal mencucinya saja dengan menggunakan sabun.

Nah cukup simpel bukan cara menghilangkan bau tak sedap atau apek di dalam kabin mobil? Ayo segera hilangkan bau apek di dalam mobil anda.