Sabtu, 28 Juni 2014

Cara Pasang Kamera Mundur (rear camera), Pada Belakang Mobil

Cara Pasang Kamera Mundur - Terkadang saat mau memarkirkan mobil kita sering mengalami kesulitan untuk mengetahui keadaan di belakang mobil. Akibatnya mobil menindas sesuatu atau bahkan membentur obyek dibelakangnya. Jika anda juga mengalami hal serupa maka solusinya bisa dengan memasang kamera belakang mobil. Jangan menyepelekan peran kamera belakang mobil, meski dengan menoleh kebelakang atau melihat cermin sebenarnya sudah bisa, namun dengan kamera belakang akan lebih mudah. Bahkan badan Keselamatan Lalu Lintas di Amerika serikat yang dikenal NTHSA menginstruksikan para pabrikan mobil untuk memasang kamera belakang. 

Meski NTHSA belum mewujudkanya, namun hal ini sudah ditanggapi positif oleh produsen otomotif dengan sudah memasang kamera belakang di beberapa produk mereka. Peraturan untuk pemasangan kamera belakang ini dilatar belakangi oleh banyaknya angka kematian akbat tertabrak mobil saat berjalan mundur. Apakah anda tertarik untuk memasang kamera di bagian belakang mobil anda? Piranti ini sangat penting karena untuk factor keamanan baik orang lain atau mobil anda sendiri. Harga kamera mundur atau rear kamera ini berkisar antara 400 hingga 500 ribu. Bagi mobil yang sudah terpasang TV maka pemasanganya tinggal plug and play. 

Cara Memasang Kamera Mundur/ Rear Camera/ Kamera Parkir Pada Mobil

  1. Persiapkan terlebih dahulu kamera parkir yang akan dipasang. Pilihlah yang ada braketnya sehingga pemasanganya akan lebih mudah.
  2. Ulur kabel dari monitor, jika kurang panjang cukup disambung dengan kabel baru. Untuk pemasangan power kamera dan LCD sebaiknya disambungkan dengan reserve switch sehingga saat gigi mundur maka LCD dan kamera sudah otomatis nyala.
  3. Bukalah penutup pintu belakang dengan melepas penguncinya yang terbuat dari plastik. Masukan kabel kamera dari luar dan sambungkan dengan kabel video dari LCD. Nah untuk kabel powernya bisa ambil di lampu mundur.
  4. Tempatkan kamera sesuai keinginan anda, biasanya diatas plat nomor.
  5. Sekarang tinggal tes dengan menghidupkan mesin dan memposisikan ke gigi belakang. 
  6. Setelah sudut pandang kamera dirasa sudah tepat, anda bisa memasang kamera dengan double tape, baut, ataupun dengan kabel tis.
Pemasangan kamera mundur atau rear camera sudah selesai tinggal merapikan kabel-kabelnya. Anda kini tak lagi khawatir akan menabrak obyek dibelakang mobil ketika akan memarkirkan mobil.

Kamis, 26 Juni 2014

Tips Membersihkan Kaca Film Mobil Agar Awet

Membersihkan Kaca Film Mobil perlu dilakukan secara berkala. Tindakan ini bertujuan untuk memperpanang usia pakai. Tak sulit dalam membersihkan kaca film ini, semua orang pun bisa melakukanya. Dengan perawatan yang rutin maka hasilnya kaca film lebih awet. Perawatan tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak kaca film terpasang dan selama masa pemakainya. Namun dalam membersihkanya jangan asal ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena jika salah akibatnya lapisan kaca mengalami kerusakan.
Tips Membersihkan Kaca Film Mobil Agar Awet
Membersihkan Kaca Film Mobil Agar Awet
  1. Jangan membersihkan kaca film dengan cairan pembersih kaca.Zat kimia yang ada didalamnya terlalu keras, sehingga jika dipakai kaca film bisa rusak. Ciri-ciri jika kaca film sudah rusak, jika dilihat dari samping akan terlihat gelombang. Kendati demikian memang efeknya tidak dirasakan secara langsung.
  2. Perhatikan Karet kaca dari kotoranKaret ini akan bersinggungan lansung dengan kaca film, jadi jika terdapat kotoran akan menyebabkan kaca film tergores. Jika pemakain sudah lama didalam karet tersebut sering terdapat debu. Bersihkan dengan udara bertekanan. 
  3. Bersihkan Kaca film dengan kain basahKetika membersihkan kaca film dari kotoran atau minyak gunakan kain atau lap yang telah dibasahi air. Usapkan secara perlahan lap tersebut ke kaca film kemudian keringkan. Sebaiknya air yang digunakan menggunakan air dari PDAM bukan dari sumur.
  4. Jangan Menggunakan Tisu Basah Untuk Membersihkan Kaca FilmTisu basah mengandung cairan kimia sehingga bila digunakan untuk membersihkan kaca film bisa menyebabkan kerusakan. Dan jangan menggunakan bahan yang mengandung antiseptic karena akan tetap merusak kaca film.
  5. Jangan Menempekan Barang Apapun Pada Kaca FilmBiasanya para pemilik kendaraan seing memasang suction entah untuk memasang GPS atau gadget lain. Selain itu juga jangan menempelkan stiker atau selotip pada kaca film, karena ketika di copot nantinya bisa merusak kaca film itu sendiri.
Nah itulah tips-tips membersihkan kaca film mobil dan perawatanya. Selain kelima hal diatas ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Pada waktu pemasangan kaca film agar bisa menempel secara sempurna diamkan selama 3 hari saat cuaca normal, jika kondisi mendung atau bahkan hujan diamkan selama 5 hari.

Selasa, 24 Juni 2014

Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi Akibat Begadang

Demam Piala Dunia 2014 memang merebak ke seluruh penjuru di Dunia. Bahkan orang yang awalnya tak suka bola pun tak mau ketinggalan menyaksikan pergelaran akbar tersebut, termasuk di Indonesia. Pada tahun 2014 ini Piala Dunia di selenggarakan di Brazil, otomatis waktu tayang di Indonesia adalah malam atau pagi hari. Jelas hal ini menyita waktu tidur, terutama bagi yang gila bola yang memilih untuk tidak tidur demi menyaksikan jalanya pertandingan. Akibatnya rasa kantuk mendera di keesokan harinya ketika beraktivitas. Yang paing bahaya adalah ketika anda mengemudi dengan keadaan mengantuk. Telah banyak korban kecelakaan yang disebabkan pengemudinya mengantuk.
Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi
Rasa Ngantuk Saat Mengemudi

Menghilankan rasa ngantuk saat mengemudi adalah wajib dilakukan. Jika anda tetap memaksakan diri akibatnya kemampuan dan kewaspadaan dalam berkendara akan berkurang. Bukan hanya membahayakan diri sendiri namun juga membahayakan orang-orang di sekitar anda atau pengendara lain. Selama ini kopi dkenal sebagai penghilang rasa ngantuk. Namun sejatinya kopi hanyalah menunda rasa kantuk, jadi meminum kopi atau suplemen bukanlah solusi tepat untuk menghilangkan rasa ngantuk saat mengemudi. 

Sebenarnya tidak ada cara lain untuk menghilankan rasa ngantuk selain tidur. Jadi sebelum mengemudi usahakan minimal sudah tidur selama 6 jam. Namun waktu tidur yang ideal adalah 8,5 jam untuk anda yang dibawah 30 tahun, sedangkan yang 30 tahun keatas 7 sampai 8 jam sudah cukup. Saat anda mengemudi kemudian rasa ngantuk menyerang maka langkah yang sebaiknya dilakukan adalah meminggirkan kendaraan kemudian beristirahat. Ambilah minuman hangat kemudian pejamkan mata sejenak. Setelah bangun, olahragalah sebentar untuk melemaskan otot otot kaku. Ciri-ciri ketika anda harus istirahat saat mengemudi adalah mulai menguap, mata berair, kepala kerap bersandar dan laju kendaraan mulai oleng. Jika anda sudah mengalami hal tersebut sebaiknya istirahat terlebih dahulu karena jika dipaksakan bisa menyebabkan otak berhenti walau mata tetap melek. Hal ini tentu membahayakan ketika sedang mengemudi. Demikianlah tips menghilangkan rasa ngantuk saat mengemudi akibat begadang. Begadang menonton Piala Dunia 2014 sah-sah saja, namun anda juga harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan anda.

Jumat, 13 Juni 2014

Cara Pasang Saklar Lampu di Motor AHO

Cara Pasang Saklar Lampu – AHO atau singkatan dari Automatic Headlamp On merupakan sebuah sistem yang diterapkan di sebagian besar motor keluaran terbaru. AHO memungkinkan lampu utama motor hidup terus saat mesin dinyalakan (tidak ada saklarnya). Hal ini diterapkan oleh beberapa produsen otomotif karena adanya peraturan yang mengharuskan menyalakan lampu disiang hari. Meski banyak menuai pro-kontra, pihak kepolisian menilai dengan menyalakan lampu setiap saat akan mengurangi tingkat kecelakaan yang selama ini angkanya cukup besar. Namun terkadang AHO juga menimbulkan gangguan. Contohnya ketika melewati gang-gang kecil, karena lampu tidak bisa dimatikan akan membuat silau orang disekitarnya. Jika anda ingin mematikan lampu tersebut solusinya pasang saklar.
lampu motor nyala disiang hari automatic headlamp on
motor dengan automatic headlamp on

Cara pasang saklar lampu motor AHO bisa diakali dengan mengganti sakelar bawaan motor dengan saklar dari motor lain yang cocok. Contohnya untuk motor mio j bisa pakai saklar mio (lawas sporty), atau kalau Honda CBR150R bisa pakai saklar supra x100. Untuk motor-motor lain silahkan disesuaikan sendiri ya. Soal harga untuk saklar supra X100 ori memang agak mahal yakni Rp 200 ribuan. Namun kalau yang imitasi hanya Rp85 ribu saja, kualitasnya juga cukup bagus kok. Pemasanganya memang dibutuhkan ketelitian karena selain saklar on/off lampu juga ada saklar lampu jauh/dekat, klakson dan sein. Karena sakelarnya banyak tentunya kabel yang digunakanpun banyak. Jika binggung dibawa ke bengkel saja, serahkan pada ahlinya. Hehee
saklar lampu untuk motor aho
saklar lampu untuk motor aho

Namun jika anda tetap ngotot untuk masang sendiri, sebenarnya asalkan jeli untuk memasang saklar lampu motor AHO tersebut tidak terlalu sulit kok. Pertama-tama cari kabel dari kiprok yang akan menuju saklar jauh/dekat. Setelah ketemu potong kabel tersebut dan pasang di kedua kaki saklar lampu yang baru. Untuk saklar lainya tinggal disesuaikan saja, kan pada motor AHO juga tersedia. Misalnya kabel yang ada di saklar klakson motor AHO tinggal potong kemudian sambung di saklar baru, begitu juga dengan kabel-kabel lainya. Kalau semua sudah terpasang, jangan lupa untuk mengeceknya satu persatu. Nah sekarang lampu motor anda sudah bisa dimatikan dengan menekan saklar lampu ke posisi “off”. Kini anda tak perlu khawatir membuat silau orang-orang di sekitar anda saat melewati gang. Namun ketika bepergian jauh, meski pada siang hari jangan lupa untuk tetap dihidupkan ya..

Rabu, 11 Juni 2014

Fungsi Relay Dan Penggunaanya Pada Kendaraan

Fungsi Relay - Relay merupakan komponen elektronika yang terdiri dari dua bagian yaitu elektromagnetik yang berupa kumparan dan kontak poin. Secara sederhana relay dapat diartikan sebagai komponen untuk mengalirkan listrik dengan arus yang besar dengan yang menggunakan kendali listrik dengan arus kecil. Oleh karena itu relay biasa digunakan pada kendaraan misalnya pada rangkaian lampu kepala. Pada umumnya relay memiliki 4 terminal yakni terminal 30 dan 87 yang berhubungan dengan kontak point dan juga terminal 85 dan 86 yang berhubungan dengan elektromagnetik. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar relay 4 kaki dibawah ini.

Fungsi relay adalah untuk digunakan sebagai elektromagnetik switch atau saklar yang dikendalikan oleh magnit listrik. Cara kerja relay ini adalah ketika kumparan atau elektromagnit dialiri arus listrik yakni melalui terminal 85 dan 86 maka kumparan tersebut akan menimbulkan gaya kemagnitan. Kemagnitan inilah yang kemudiaan menarik kontak poin sehingga terminal 30 dan 87 terhubung. Gimana sudah jelas dengan cara kerja relay ini? Mungkin gambar dibawah ini bisa membantu:

Selain relay 4 kaki atau 4 terminal ada juga relay 5 kaki, 6 kaki dll. Prinsip kerjanya tetap sama, perbedaanya hanya kontak poinnya saja yang diperbanyak. Pada relay 5 kaki, disana terdapat terminal 87 dan 87 a. Biasanya terminal 87a ini kebalikan dari terminal 87 artinya ketika terminal 87 terhubung dengan terminal 30, maka terminal 87a terputus dengan terminal 30 begitu juga sebaliknya. Relay dibedakan menjadi 2 yakni normaly open dan normaly close. Yang dimaksud dengan normaly open adalah saat normal atau tidak ada arus listrik yang mengalir ke terminal 85 dan 86 maka terminal 87 dan 30 tidak terhubung. Sedangkan normaly close adalah sebaliknya ketika dalam keadaan normal yakni terminal 85 dan 86 atau yang menuju kumparan tidak dialiri arus listrik maka terminal 30 dan 87 terhubung. 

Penggunaan Relay Dalam Kendaraan

Dengan prinsip kerja relay yang dapat digunakan sebagai elektromagnetik switch maka relay dapat digunakan untuk berbagai macam dalam kendaraan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk membuat lampu motor lebih terang
    Lampu motor yang redup bisa disebabkan bertambah besarnya tahanan dalam rangkaian lampu kepala. Hal tersebut bisa diakali dengan menggunakan relay. Prinsipnya arus listrik dari baterai langsung dialirkan ke lampu kepala melalui terminal 30 dan 87 pada relay. Sedangkan arus listrik yang mengalir melalui rangkaian hanya digunakan untuk menghidupkan elektromagnetik relay pada terminal 85 dan 86. Secara detailnya bisa dilihat di cara memasang relay pada lampu motor agar lebih terang.
  2. Untuk membuat kunci pengaman sepeda motor
    Untuk membuat kunci pengaman bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah relay. Prinsipnya relay tersebut digunakan untuk saklar yang memutus dan menghubungkan arus listrik menuju koil. Untuk cara membuatnya bsia dilihat pada rangkaian kunci pengaman sepeda motor.
Cukup sampai disini dulu pembahasan mengenai fungsi relay dan penggunaanya pada kendaraan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca blog tipstrikotomotif.blogspot.com ini. Terima kasih.

Selasa, 10 Juni 2014

Cara Membuat Lampu Hazard (Lampu Sein Nyala Semua) Di Motor

Siapa yang belum kenal dengan lampu hazard? Itu lho lampu sein yang menyala bersamaan di mobil. Untuk menghidupkan lampu hazard tinggal memencet tombol segitiga merah yang ada di dashboard. Fungsi dari lampu hazard tidak lain adalah untuk memberi tanda bahwa kendaraan dalam keadaaan darurat seperti mogok, sedang mengganti ban, kecelakaan dll. Pada sepeda motor memang tidak disediakan penggunaan lampu hazard. Meski demikian acap kali para rider memodifikasi motornya agar lampu seinya bisa menyala layaknya lampu hazard di mobil. Bagaimana caranya? Berikut kami berikan cara membuat lampu hazard di motor.
lampu hazard di motor
lampu hazard di motor

Cara membuat lampu hazard di motor sebenarnya cukup simple, anda tinggal menghubungkan antara lampu sein kiri dan lampu sein kanan. Hanya saja flasher pada sepeda motor tidak kuat untuk mengedipkan keempat lampu sein. Flasher merupakan komponen pada rangkaian lampu sein yang berfungsi untuk mengedipkan lampu. Solusinya untuk membuat lampu hazard di motor harus mengganti flasher tersebut dengan flasher yang digunakan di mobil. Tenang saja gak usah khawatir aki tekor atau akan merusak komponen lain, dampaknya mungkin hanya lampu akan berkedip lebih cepat ketika hanya menghidupkan dua buah lampu sein. Letak flasher di sepeda motor berbeda-beda namun pada umumnya pada motor bebek di sebelah kanan dekat dengan aki. Jika masih bingung silahkan hidupkan lampu sein dan flasher akan berbunyi “tiktok tiktok”. Berikut langkah-langkah dalam membuat lampu hazard di sepeda motor.
flasher mobil
flasher mobil
  1. Siapkan alat dan bahanya yakni flasher mobil, kabel, saklar, solasi dan obeng.
  2. Bongkar body samping dan cari letak flasher. Jika sudah ketemu silahkan ganti dengan flasher mobil. Pada flasher mobil ada 3 kaki, dua kaki bisa langsung disambungkan dengan socket sedangkan satu kaki lainya silahkan disambung menggunakan kabel dengan body motor.
  3. Apabila pemasangan sudah benar, silahkan nyalakan lampu sein dan lampu sein akan hidup seperti sedia kala. Hanya saja kedipanya lebih cepat.
  4. Nah untuk membuat lampu hazard atau keempat lampu sein menyala bersamaan, silahkan bongkar batok lampu. Cari kabel positif kedua lampu sein (kanan dan kiri)
  5. Kalau sudah ketemu sambungkan keduanya. Agar lampu sein tetap bisa digunakan seperti sedia kala gunakan saklar untuk menyambungnya.
  6. Sekarang lampu hazard di sepeda motor anda sudah jadi. Posisikan saklar pada posisi on dan hidupkan lampu sein, maka keempat lampu sein akan hidup bersamaan. Untuk menonaktifkan lampu hazard tinggal geser saklar ke posisi “off” maka lampu sein akan menyala seperti sedia kala.
Demikianlah cara membuat lampu hazard di motor. Cukup mudah bukan? Jika anda ingin mengaplikasikanya pada sepeda motor anda, maka gunakanlah dengan bijak agar tidak membingungkan pengendara lain.

Rabu, 04 Juni 2014

Kipas Mobil Mati atau Nyala terus? Ketahui Penyebabnya

Kipas mobil yang berada di dekat radiator berfungsi untuk membantu proses pendinginan yang berlangsung di radiator. Pada mobil-mobi lawas, kipas ini dilangsungkan dengan putaran mesin. Namun dengan alasan kerugian mekanis, maka pada mobil keluaran sekarang sudah semuanya menggunakan kipas elektrik. Kondisi kipas elektrik yang benar adalah tidak berputar ketika mesin belum panas, nah setelah mesin panas kipas akan menyala dengan sendirinya. Lalu apa dampaknya jika Kipas mobil mati atau malah nyala terus?

Kipas mobil yang mati bisa disebabkan oleh banyak hal seperti rusaknya kipas itu sendiri, rangkaian putus atau relay kipas yang mati. Namun yang sering terjadi adalah rusaknya relay kipas tersebut. Cara memperbaikinya ya harus ganti relay kipas ini. Jika kondisi relay masih bagus, kemungkinanya adalah rangkaian kipas putus. Untuk itu periksa kabel-kabel pada rangkaian apakah ada yang putus atau tidak. Jika kipas elektrik ini dibiarkan mati, maka akan berdampak pada proses pendinginan mesin. Karena proses pendinginan tidak berjalan secara optimal, maka bisa berakibat mesin mengalami over heating. Overheating ini akan berdampak banyak pada komponen mesin, seperti kompresi bocor, silinder retak dll. 

Sedangkan jika kipas mobil (kipas radiator) nyala terus besar kemungkinan kerusakan terjadi pada sensor suhu. Karena kipas ini akan hidup secara otomatis, artinya ketika mesin telah panas baru akan hidup maka diperlukan sebuah sensor yang bernama WTS atau water temperature sensor. Kasus yang sering terjadi adalah socket WTS ini terlepas, akibatnya ECU membaca kondisi engine panas maka kipas akan nyala terus. Jadi periksa apakah socket WTS ini benar-benar terpasang atau tidak. Jika kipas radiator nyala terus sebenarnya tidak berdampak terlalu signifikan,hanya saja mesin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu kerja.

Nah itulah penyebab dan cara mengatasi jika kipas mobil mati atau nyala terus. Masalah seperti ini memang terlihat sepele, namun jika tidak segera diatas akan berdampak yang cukup serius. Untuk itu lebih baik mencegahnya bukan dari pada harus menerima dampaknya.