Sabtu, 22 Maret 2014

Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya

Cara Membersihkan Jok Mobil- Jika kendaraan anda masih tergolong baru, mungkin tidak terlalu masalah. Namun jika sudah 1 atau 2 tahun terkadang pada jok mobil tertinggal kotoran entah itu dari tinta, tumpahan minuman, atau dari sisa-sisa makanan. Tentu hal ini mengurangi sisi estetika dari interior mobil. Untuk itu kotoran-kotoran tersebut perlu dibersikan. Namun kendalanya beberapa kotoran sulit dibersihkan, untuk itu perlu dilakukan trik-trik khusus dalam membersihkan jok mobil.
Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya
membersihkan debu pada jok mobil dengan vacuum cleaner

Bahan yang digunakan untuk jok mobil sendiri bermacam-macam yaitu fabric atau kain, sintetis, kulit dan beludru. Oleh karena itu penangananyapun berbeda tergantung bahan yang digunakan. Nah sebelum melakukan proses pembersihan sedot dulu debu-debu yang menempel dengan vacuum ceaner hingga bersih. Jika sudah lakukan pembersihan sesuai bahan yang digunakan, sebagai berikut.

Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahan Yang Digunakan

1. Bahan Sintetis dan Kulit
Bahan jenis ini sebenarnya sangat mudah untuk dibersihkan. Apalagi produsen jok seperti MBtech sudah menyediakan pembersihnya sendiri yang diberi nama MBtech Cleaner. Harganyapun cukup terjangkau yaitu hanya 70 ribu rupiah saja. Pertama-tama semprotkan pembersih tersebut ke seluruh bagian jok. Tunggu hingga 1 menit baru kemudian dilap menggunakan kain kering. Jika noda terlalu membandel tunggulah hingga 15 menit agar pembersih bekerja secara optimal. Jika perlu gunakan sikat untuk membersihkanya.
2. Bahan Fabric
Jika noda tak terlalu membandel, masih bisa dibersihkan dengan menggunakan bahan berbentuk foam. Namun jika sudah membandel, sangat susah untuk dibersihkan. Anda harus melepas bahan tersebut dan kemudian direndam dalam air sabun. Lakukan hal tersebut layaknya mencuci baju. Bahkan terkadang tidak begitu maksimal.
3. Bahan Beludru
Untuk membersihkan jok mobil berbahan beludru sebaiknya jok dilepas dulu dari mobil. Kemudian semprotkanlah cairan pembersih ke bagian yang akan dibersihkan. Dengan menggunakan sikat, sikatlah bagian yang disemprotkan tadi secara searah. Jika sudah bersihkan dengan lap kering dan kemudian dikemur
Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya
Cara Membersihkan Jok Mobil

Setelah mengetahui cara membersihkan jok mobil sesuai yang tertera diatas, semoga anda bisa menerapkanya sesuai dengan bahan yang digunakan pada jok mobil anda. Untuk jenis fabric dan beludru memang tergolong sulit, oleh karena itu rajinlah melakukan perawatan. 

Rabu, 19 Maret 2014

Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil

Koil pada motor ataupun mobil berfungsi untuk meningkatkan tegangan menjadi 10 ribu volt. Tegangan ini nantinya akan digunakan untuk memercikan bunga api pada busi. Indikasi rusaknya koil pengapian adalah mesin yang mati karena tidak ada pengapian ataupun kendaraan terasa tersendat-sendat. Pada kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memeriksa kerusakan pada koil pada kendaraan.
Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil
Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian

Cara mengecek kerusakan koil motor dan mobil dilakukan dengan cara yang sama. Yang pertama dilakukan adalah periksa dulu apakah busi memercikan bunga api atau tidak, dan pastikan juga komponen-komponen lain pada sistem pengapian seperti CDI bekerja dengan baik. Jika busi tidak memercikan bunga api dan komponen sistem pengapian lainya tidak bermasalah, maka kerusakan bisa terjadi pada Koil pengapian. Untuk itu lakukan pengecekan sebagai berikut.

Koil pengapian pada mobil sebenarnya didalamnya terdapat dua kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Keduanya saling berhubungan untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dihasilkan dari proses induksi listrik. Untuk itu periksa tahanan pada kedua kumparan tersebut dengan menggunakan multimeter. Putar selektor pada posisi 1x ohm. Kalibrasi multimeter tersebut dengan cara menghubungkan probe + dan probe - dan setlah jarum pada angka 0. Periksa tahanan kumparan primer koil dengan cara menghubungkan probe (-) multimeter ke terminal (-) koil dan probe (+) multimeter ke terminal (+) koil. Kemudian periksa tahana kumparan sekunder dengan cara menghubungkan probe (+) multimeter ke terminal (+) dan probe (-) multimeter ke terminal tegangan tinggi. Spesifikasi tahanan primer koil pengapian adalah 1,3 hingga 1,6 ohm dan tahanan sekunder koil pengapian adalah 10,,7 hingga 14, 5 K ohm. Bandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi, jika tidak sesuai maka koil pengapian perlu diganti. Untuk lebih jelasnya lihat gambar cara cek pengapian dibawah ini.
Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian
Cara Cek tahanan Koil Pengapian

Gimana cukup mudah bukan untuk mengecek kerusakan pada koil pengapian ? Jika koil kendaraan anda rusak, maka anda bisa menggantinya dengan yang baru yang banyak dijual dipasaran. Harga koil pengapian ini bermacam-macam ada yang ratusan ribu ada juga yang jutaan tergantung merk dan kualitasnya.

Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin

Bau tak sedap di dalam kabin memang membuat tidak nyaman. Bau tersebut biasanya ditimbulkan dari sisa-sisa makanan atau minuman yang tumpah di dalam kabin. Selain itu merokok di dalam kabin juga menimbulkan bau apek. Untuk menghilangkan bau tersebut sebenarnya ada cara yang sangat simple. Anda bisa melakukanya kapanpun.
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin

Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Kabin Mobil

Jika ingin secara tuntas menghilangkan bau tersebut keluarkan dulu jok dari dalam kabin. Bersihkan semua kotoran yang ada di jok. Anda bisa menggunkan alat bantu seperti sikat atau vacuum cleaner. Setelah dirasa bersih, taburkan bedak secara merata pada seluruh bagian. Kemudian jemur di bawah panas matahari selama 2 jam. Setelah itu bersihkan kembali bedak yang menempel pada jok dengan vacuum cleaner. Namun jika anda tidak mau repot-repot melepas jok, anda cukup membuka pintu mobil saja.

Dengan cara yang sama hilangkan bau apek pada karpet.Namun sebelum menaburkan bedak, kibaskan dulu karpet agar semua kotoran hilang. Jika karpet terbuat dari bahan karet, akan lebih mudah anda tinggal mencucinya saja dengan menggunakan sabun.

Nah cukup simpel bukan cara menghilangkan bau tak sedap atau apek di dalam kabin mobil? Ayo segera hilangkan bau apek di dalam mobil anda.

Senin, 24 Februari 2014

Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor

Cara Merawat Electric Starter- Penggunaan electric starter memang sangat membantu untuk menghidupkan mesin. Anda tidak susah-susah menggenjot kick starter, dengan sekali pencet sepeda motor langsung jalan. Namun karena lamanya pemakaian terkadang electric starter pun jadi rewel. Ketika tombol starter dipencet, putaran nyendat-nyendat atau bahkan motor starter tidak mau berputar. Nah agar kejadian tersebut tidak terjadi maka electric starter perlu dilakukan perawatan.
Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor
Electric Starter Sepeda Motor 

Electric Starter biasanya menggunakan pengendali negatif. Artinya positif baterai langsung menuju motor starter. Sedangkan tombol sakelar hanya memutus dan menghubungkan aliran negatif. Hal ini memang memiliki banyak keuntungan, namun juga ada sisi negatifnya yaitu di switch, soket dan konektornya sering terjadi kerak untuk itu perlu dibersihkan sehingga kinerja electric starter jadi lancar.

Perawatan Pada Electric Starter Sepeda Motor

1. Bersihkan konektor rangkaian motor starter
Lepas soket (biasanya berwarna merah) yang menuju yang menuju tombol starter. Kemudian bersihkan dengan menggunkan cairan penetran. Hanya dengan menyemprotkanya pada bagian tersebut, kotoran /kerak sudah hilang.
2. Bersihkan Konektor Pada Tombol Starter
Biasanya kerak akan menempel pada tombol starter karena lamanya pemakaian. Untuk itu buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus. Gosok dengan menggunakan ampelas halus pada konektornya.
3. Cek Switch Tuas Rem
Pada motor-motor matic untuk menyalakan mesin dengan menggunakan electric starter perlu menekan tuas rem. Hal ini dikarenakan adanya switch atau saklar pada tuas rem. Nah jika motor starter tidak bisa berputar saat tombol ditekan, ceklah kondisi switch tersebut. Caranya dengan menjumper dengan menggunakan kabel. Jika setelah dijumper, dan tombol starter ditekan tetapi motor tidak berputar maka bisa disebabkan switch pada tuas rem tersebut sudah rusak. Switch ini dijual dipasaran dengan harga sekitar 30 ribu.
Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor
membersihkan konektor dengan menggunakan amplas

Nah, setidaknya 3 langkah diatas yang dilakukan agar electric starter bisa bekerja secara optimal. Jadi tunggu apalagi lakukan segera pada sepeda motor anda. Jika 3 hal tersebut sudah dilakukan namun motor starter tetap tidak bisa berputar maka bisa disebabkan oleh aki yang sudah soak atau motor starternya yang sudah rusak.

Jumat, 21 Februari 2014

Cara Merawat Oil Cooler Satria F150

Cara Merawat Oil Cooler Satria F150- Banyak yang salah kaprah yang mengira oil cooler pada Satria F150 adalah radiator. Jika dilihat sekilas memang ada kesamaan bentuk dari oil cooler dan radiator. Padahal kedua kompenen ini jelas sangat beda secara fungsinya. Nah cara kerja dari oil cooler pada satria F150 ini adalah dengan mendinginkan oli pelumas yang disirkulasikan menggunakan sebuah pompa. Dengan demikian temperatur dari satria yang notabene mempunyai kapasitas silinder yang besar dan perbandingan kompresi yang cukup besar akan terjaga. 
Cara Merawat Oil Cooler Satria F150
Oil Cooler Satria F150

Agar oil cooler satra F150 bekerja secara maksimal tentu perlu dilakukan perawatan secara periodik. Selama ini memang teknologi besutan suzuki yang telah dikenalkan sejak 2005 silam itu tidak terjadi masalah. Namun ada beberapa part terkait, yang jika terjadi masalah akan mengganngu kinerja oil cooler. Jika hal tersebut terjadi maka imbasnya mesin Satria F150 akan mudah overhead.

Perawatan Pada Oil Cooler Satria F 150

1. Filter Oli
Komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang bercampur pada oli pelumas. Nah untuk itu perlu dilakukan penggantian secara teratur minimal setiap tiga kali pergantian oli.
2. Cek Kebersihan Filter Oli
Jika terdapat kotoran pada filter oli maka tentunya akan menghambat sirkulasi dari oli pelumas. 
3. Pastikan Gear Pompa Oli Bekerja Dengan Baik
Pompa ini berfunsi untuk memberikan tekanan pada oli pelumas sehingga bisa bersirkulasi. Apabila ada masalah akibatnya sirkulasi terhambat. Masalah yang biasa terjadi adalah rompalnya pada salah satu gigi gear pompa oli tersebut.

Jadi jika filter oli dan pompa oli bekerja secara maksimal maka kinerja oil cooler tidak terganggu, sehingga temperatur oli akan terjaga. Hal ini penting karena jika terjadi overhead akibatnya akan merusak komponen-komponen lain seperti cylinder head yang bengkok, kompresi bocor dll.

Kamis, 20 Februari 2014

Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok

Mengatasi Honda Vario 125 Ngorok- Apabila anda adalah pemiliki honda vario 125 generasi awal atau yang bukan versi ISS (Idling Stop System), mungkin mengalami timbulnya suara "ngorok" saat mesin dihidupkan. Ya, selama ini banyak pemilik kendaraan asal jepang ini yang menguluhkan kenapa honda varionya timbul suara "ngorok" padahal belum lama di beli. Usut-punya usut ternyata suara ngorok tersebut berasal dari sebelah kanan lebih tepatnya dari radiator. Nah setelah diselidiki masalah tersebut berasal dari kipas pendingin pada radiator.
Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok
Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok

Penyebab Suara Ngorok Pada Honda Vario 125

Nah, pertanyaanya kenapa pada Honda Vario 125 yang versi ISS tidak timbul suara ngorok tersebut. Jika dibandingkan panjang bilah baling-baling kipas radiator pada vario yang generasi awal ternyata lebih panjang dari vario 125 versi ISS. Secara logika bilah kipas yang lebih panjang akan menghasilkan hisapan angin yang besar juga. Inilah yang menyebabkan suara ngorok pada honda vario 125 generasi awal.
Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok
Kipas Honda Vario 125 

Bentuk dan ukuran kipas radiator pada honda vario versi ISS ternyata sama dengan kipas miliki Honda PCX 125. Artinya kipas milik Honda PCX ini bisa langsung plug and play pada honda Vario125. Setelah kipas tersebut diaplikasikan ke vario 125 ternyata suara ngorok tadi hilang. Jadi solusi untuk mengatasi suara ngorok pada honda vario 125 bisa dilakukan dengan mengganti kipas radiator milik Honda PCX 125. Demikianlah tips yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat.

Inilah Penyebab Honda Vario Bergetar Saat Berjalan

Penyebab Honda Vario Yang Bergetar- Anda pemilik honda vario ? mungkin mengalami hal serupa yakni pada saat mesin dihidupkan terjadi getaran yang tidak normal. Jika hal tersebut terjadi tentu ada sebuah masalah yang terjadi pada sepeda motor honda vario anda. Lalu dari manakah sumber getaran tersebut? Biasanya penyebab utamanya adalah roller dan v belt  yang sudah rusak atau melewati batas usia pakai. Namun sering kali setelah diganti ternyata getaran tak juga hilang. Nah lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang tak usah panik, berikut saya sampaikan penyebab atau sumber dari getaran (abnormal) yang ditumbulkan.
Inilah Penyebab Honda Vario Bergetar Saat Berjalan
Honda Vario

Sumber Penyebab Getaran Pada Honda Vario

1. Pegas CVT
Pegas CVT yang sudah melar bisa mengakibatkan getaran yang tidak normal serta mengurangi tenaga yang dihasilkan. Jadi solusinya adalah mengganti pegas yang sudah melar tersebut dengan pegas yang baru.
2. Driven Pulley
Getaran yang cukup tinggi juga bisa menjadi indikasi bahwa Driven Pulley sudah aus. Cek terlebih dahulu, jika memang sudah tidak layak pakai segera ganti.
3. Oil Seal Pada Driven Pulley
Jika pada drive belt terdapat oli, maka bisa disebabkan oleh oil seal pada driven pulley yang sudah bocor. Bocornya oli ini akan mengganngu kinerja drive belt sehingga menimbulkan getaran
4. Bosc pada crank case atau poros engkol.
Jika bosc tersebut sudah aus maka putaran poros engkol tidak stabil (oblak), inilah yang menyebabkan getaran pada vario ketika berjalan.

Itu tadilah beberapa penyebab getaran yang tidak normal pada honda vario. Jika anda mengalami masalah yang serupa segeralah periksa, atau bawalah ke bengkel motor terdekat.